12 Perang Yang Akan Terjadi Di Tahun 2013

PERANG, tampaknya masih akan jadi jualan nomor satu di dunia ini di tahun 2013 mendatang—khususnya, dunia Islam. Dari hampir seluruh konflik yang ada dan sedang berlansung saat ini, ¾-nya ada di wilayah dengan masyarakat Muslim yang sangat dominan. Dan pasukan asing, jelas, menjadi salah satu pemainnya. Jika pun tidak, maka ada indikasi keterlibatan yang kuat.
Berikut adalah 10 negara yang kemungkinan masih akan diselimuti oleh perang sepanjang tahun 2013:
perang di tahun 2013_sudan_islampos
Sudan
Masalah Sudan adalah perang saudara, yang didorong oleh kekuasaan dan sumber daya negara berada di tangan sekelompok kecil elite. Ini bisa menyebabkan disintegrasi negara lebih lanjut. Perpecahan dalam Partai Kongres Nasional (NCP), kerusuhan yang terus tumbuh, dan krisis ekonomi yang trus terjadi bisa mengirim negara ini keluar dari rel kehidupan nyata yang sesungguhnya.

perang di tahun 2013_turki_islampos
Turki
Turki? Apa tidak salah? Ketegangan politik di Turki diam-dam meningkat, ketika gerakan Kurdi, Partai Perdamaian dan Demokrasi (BDP), mengambil sikap oposisi terhadap PKK, partai yang dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan. Ingat, di Turki ada 12 juta orang Kurdi yang sebagian besar adalah pengikut Syiah, jumlah kaum Syii di Turki ialah sekitar 15 juta orang. Orang-orang Kurdi inilah yang berpotensi terus mengobarkan peperangan di tanah Turki.

perang di tahun 2013_afghanistan_islampos
Afghanistan
Amerika dan NATO sudah memutuskan akan mundur dari Afghanistan pada tahun 2014, jadi tidak ada pertanyaan. Selama ada pasukan asing di negeri ini, para pejuang Taliban tampaknya tak akan pernah mengendurkan serangan terhadap penjajahan berkedok pemberangusan teroris ini. Hubungan Afghanistan dengan Washington terus memburuk pada tahun 2012, terutama ketika pada bulan Februari, para tentara AS membakar puluhan Quran, dan ketika tentara AS Robert Bales menembak 17 warga desa yang sedang tidur nyenyak, termasuk sembilan anak, di provinsi selatan Kandahar, Maret silam.

perang di tahun 2013_pakistan_islampos
Pakistan
Pesawat tanpa awak Amerika menjadi momok nomor satu di Pakistan di tahun 2012. Memang, Barat menganggap, ada juga beberapa kemajuan politik antara Pakistan dan Afghanistan: Dua negara ini awal bulan ini meminta kelompok-kelompok pejuang Taliban melakukan perjanjian damai alias gencatan senjata. Tapi tampaknya, syarat yang diajukan oleh pejuang Taliban terlalu berat, dan pastinya Barat dan Amerika emoh: hukum Pakistan harus berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.

perang di tahun 2013_sahel_islampos
Sahel: Mali, Nigeria
Ketidakstabilan di wilayah Sahel Afrika meningkat di tahun 2012, dan trennya akan semakin tak terbendung tahun 2013. Di Mali, ada intervensi internasional, dan Nigeria juga mengalami kondisi yang kurang lebih sama.

perang di tahun 2013_congo_islampos
Republik Demokratik Kongo
April 2012, terjadi gejolak pengambilan kekuasaan di Kongo. Sekali lagi, setelah konflik bertahun-tahun, aktor regional dan internasional berbaur bersama kelompok pribumi, dengan berbagai tuntutan. Konsekuensinya, rakyat sipil jadi korban tragis, dengan laporan berbalut pelanggaran hak asasi manusia, eksekusi di luar hukum yang terus menargetkan masyarakat sipil, dan pengungsian besar-besaran penduduk lokal.
 
perang di tahun 2013_kenya_islampos
Kenya
Meskipun reformasi sudah bergulir sejak tahun 2007, Kenya adalah negara dengan pemuda pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan yang tinggi. Reformasi sektor keamanan telah terhenti, dan sengketa tanah yang sedang berlangsung terus memperdalam polarisasi etnis. Maret 2013 akan ada pemilu presiden. Dua calon presiden, Uhuru Kenyatta dan William Ruto, telah didakwa dengan kejahatan terhadap kemanusiaan dan mungkin bisa diadili di ICC pada bulan April 2013.
 
perang di tahun 2013_suriah_islampos
Suriah
Perang Suriah sudah berada dalam tataran “membunuh atau dibunuh”. Pemerintah Syiah Bassar al-Assad tampaknya sudah main pukul rata, kadung konflik Suriah semakin buruk untik dirinya. Rakyat Suriah semakin banyak yang mengungsi, lingkungan diratakan, lembaga negara hancur, dan bantuan internasional pun terhenti. Suriah bisa meledak di tahun 2013.
 
perang di tahun 2013_asia tengah_islampos
Asia Tengah
Kawasan ini memberikan daftar cucian negara yang sedang berada di tepi jurang. Hubungan Tajikistan  dan Uzbekistan terus memburuk, dan perselisihan domestik internal mengancam bisa memicu separatis di Gorno-Badakhshan.

perang di tahun 2013_iraq tengah_islampos
Iraq
Seperti Suriah, Iraq adalah sebuah failed state (negara hancur). Pemerintah Syiah yang dipimpin Perdana Menteri Nuri al-Maliki telah memilih untuk berpihak kepada Iran, Rusia, dan China dalam upaya untuk menghindari membentuk kembali daerahnya dan memberangus semua yang berbau Sunni. Maliki telah berulang kali membakar jalan untuk memperluas kekuasaannya atas lembaga-lembaga politik dan aparat keamanan. Tindakannya melanggar perjanjian Arbil, yang dirumuskan pada tahun 2010 untuk membatasi kekuasaan perdana menteri dan berbagi hibah yang adil untuk Syiah, Sunni, dan pihak Kurdi—yang kenyataannya, tak pernah terjadi.

perang di tahun 2013_ filipina_islampos
Filipina
Jangan lupakan Muslim Moro di Filipina. 40 tahun lebih Muslim di negara ini tergencet dan sudah lebih 120.000 orang mati karena perang yang dilancarkan kepada Muslim Moro.

perang di tahun 2013_ myanmar_islampos
Myanmar
Presiden Myamar Thein Sein sudah mengatakan bahwa ia tidak bisa menerima kaum Muslim di negaranya. Pembunuhan Muslim Myanmar di tahun 2012 adalah bukti shahih bahwa pembantaian di tahun 2013 masih akan terus terjadi. Patut disimak adalah keberadaan Aung San Suu Kyi yang akan dimasukkan sebagai anggota parlemen tahun depan, akankah memberikan perbedaan? Sementara, ketika pembantaian Muslim di tahun 2012 ini saja, Suu Kyi sama sekali tak terdengar bersuara.

Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment