Waspada, Tidur Lebih Dari 8 Jam Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

Agar tubuh selalu fit dan sistem kekebalan tubuh selalu maksimal, satu hal yang bisa dilakukan adalah istirahat atau tidur cukup setiap harinya. Umumnya, seseorang disarankan tidur 7 hingga 8 jam sehari. Kenapa 7 - 8 jam? Karena, waktu ini dikatakan cukup untuk membuat tubuh selalu fit. Tak hanya itu saja, istirahat atau tidur cukup ini dipercaya juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski tidur selama 8 jam dikatakan cukup, tidur lebih dari 8 jam justru akan sangat buruk bagi kesehatan lho. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, tidur lebih dari 8 jam dipercaya bisa meningkatkan risiko serangan stroke dan penyakit berat lainnya. Para peneliti yang melakukan penelitian di New York University School of Medicine mengungkapkan jika tidur lebih dari 8 jam bisa meningkatkan risiko stroke 146 persen lebih besar.

Dari data kesehatan yang ada di Inggris, setidaknya ada sekitar 110 ribu orang yang dinyatakan menderita stroke setiap tahunnya. Sementara itu, penyebab stroke ini sendiri adalah kebiasaan buruk sebagian besar dari mereka yang kerap mengabaikan alarm pagi dan lebih memilih terus tidur meski mentari sudah tinggi. Tak hanya kebanyakan tidur yang bisa meningkatkan risiko tidur. Mereka yang kekurangan waktu tidur juga sangat rentan menderita serangan stroke sebesar 22 persen.

Para ahli kesehatan dan akademisi kesehatan yang tergabung dalam acara American Stroke Association Meeting di Los Angeles saat ini sedang melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penyebab stroke yang berkaitan dengan waktu tidur ini. Mereka tengah menganalisis penemuan ini lebih lanjut.

Seperti yang kita tahu, stroke sendiri merupakan keadaan di mana otak mengalami pendarahan atau adanya gumpalan yang menghambat suplai darah ke otak. Karena keadaan ini, tidak sedikit penderita stroke yang mengalami mati rasa di tubuhnya, menjadi kaku dan tidak bisa menggerakkan bagian tertentu di tubuhnya. Para peneliti mengklaim bahwa stroke adalah penyakit mematikan yang bisa membunuh penderitanya sewaktu-waktu. Stroke adalah penyakit mematikan ketiga setelah serangan jantung dan kanker yang ada di dunia ini.

Selain waktu tidur yang berlebihan, stroke juga bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, kurangnya olahraga, adanya riwayat keluarga dan stres atau depresi berat. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika tak ingin terserang penyakit stroke, alangkah baiknya jika kita selalu menjaga pola hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan minum air putih cukup. []

sumber:
vemale
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment