Penyakit-penyakit Mental Pengguna Internet

Internet di jaman yang telah banyak berkembang ini adalah salah satu hal yang mungkin paling diperlukan dibalik kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan juga papan. Namun meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak bagi para pengguna internetnya, internet ini juga memiliki banyak sekali hal yang sangat merugikan selain rugi dalam segi waktu dan juga hubungan sosial. Bahkan masalah kesehatan juga bisa dialami oleh para pengguna internet yang berlebihan ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa penyakit mental pengguna internet yang cukup serius.

1. Internet Asperger’s Syndrome

Penyakit mental yang pertama yang menjadi problem dari para pengguna internet yang berlebihan adalah Internet Asperger’s Syndrome. Penyakit ini adalah penyakit dimana seseorang hanya bisa memandang layar monitor dan berkomunikasi dengan beda mati yang lambat laun akan membuatnya tidak bisa merasakan empati kepada orang di sekitarnya. Bisa jadi, kasus ini hampir mirip dengan penyakt autis yang mereka memiliki dunia sendiri dan kadang bisa mengganggu orang disekitarnya karena mereka tidak bisa mengenali adanya interaksi non verbal yang diberikan kepada mereka.

2. Munchausen

Berbohong, mungkin hal ini adalah hal yang banyak Anda ketahui di dunia nyata dan setiap orang tentunya akan pernah melakukan hal tersebut bukan? Hal inilah yang kerap dilakukan oleh para pengguna internet yang memiliki penyakit mental berupa Munchausen. Penyakit Munchausen ini adalah sebuah penyakit dimana mereka bisa memberikan adanya sebuah tulisan di dunia maya atau di internet dengan kebohongannya. Kebohongan yang dilakukan ini juga dilakukan untuk bisa menarik perhatian banyak orang di dunia maya terlebih lagi untuk bisa meraih rasa kasihan. Ya, tentunya hal ini akan menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan bukan?

3. Online Intermittent Explosive Disorder (OIED)

Kasus berikutnya yang merupakan penyakit mental ini adalah sebuah penyakit yang mungkin saja bisa menjadi penyakit yang dialami oleh banyak orang dalam skala yang masih rendah dan juga ringan. Penyakit ini bernama Online Intermittent Explosive Disorder dimana seseorang bisa meluapkan emosinya kepada monitor dan benda mati ketika ada sebuah komentar yang dianggapnya sangat menyinggungnya. Penyakit yang disingkat sebagai OIED ini adalah penyakit dimana bisa terjadi dalam skala ringan, namun dalam skala besar penyakit ini benar-benar bisa merusak otak dan juga gangguan mental. Hal ini bisa terjadi karena adanya kemampuan emosi yang dimiliki oleh orang tersebut di dunia nyata yang tidak bisa diluapkan sehingga diluapkan di dunia maya.

4. Low Forum Frustation Tolerance (LFFT)

Bernama Low Forum Frustation Tolerance, penyakit mental yang satu ini yang juga terjadi pada para pengguna internet adalah dengan adanya kemampuan toleransi yang rendah kepada sebuah forum. Jadi, orang yang menderita penyakit ini akan selalu merasa tidak tenang ketika ada banyak orang yang tidak setuju dengan postingannya di internet atau justru memakinya. Hal ini akan dibahas dengan hal yang lebih parah lagi untuk tidak membenarkan postingan orang lain kepada dirinya sendiri. Hampir seperti sifat anak-anak, namun meskipun membuat tidak tenang, seseorang ini akan terus memposting hal yang bahkan tidak penting untuk melihat apa respon dari orang lain.






Sumber: gheovanchoff.wordpress.com
Show comments
Hide comments

0 Komentar:

Post a Comment